Liverpool Paling Diunggulkan di Liga Champions, Lyon di Posisi Buncit

liga champions

Pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions Eropa akan digelar minggu ini. Media olahraga goal.com menempatkan Liverpool sebagai klub yang paling diunggulkan. Posisi Liverpool disusul oleh Real Madrid dan PSG. Sementara klub asal Prancis, Lion, berada di posisi paling buncit.

Berikut selengkapnya seperti dilansir dari goal.com:

16. Lyon

Tim yang sepenuhnya fit didukung pemain muda yang berbakat, Lyon berpeluang menyulitkan raksasa Italia, Juventus, di babak 16 besar.

Di liga domestik, Lyon masih terseok-seok di peringkat ke-9. Cedera panjang penyerang andalan mereka, Memphis Depay, menjadi salah satu penyebab menurunnya performa Lyon musim ini.

15. Valencia

Valencia memasuki salah satu kompetisi terpanas di Eropa dengan kondisi cukup kacau. Sesaat sebelum pertandingan pembuka Liga Champions melawan Chelsea pada September 2019 lalu, Valencia memecat pelatihnya, Marcelino Garcia Toral.

Meski masih masa transisi, pelatih anyar Valencia, Albert Celades, mampu membawa Los Che menang melawan Chelsea di Stamford Bridge. Atalanta akan menjadi lawan seimbang untuk Valencia di 16 besar.

14. Napoli

Sulit menebak akan bagaimana nasib Napoli di 16 besar. Di liga domestik, kadang mereka bisa menang melawan pemuncak klasemen, kadang justru keok oleh penghuni area degradasi.

Napoli seharusnya menjadi juara grup usai mencuri 4 poin dari dua pertandingan melawan Liverpool. Namun kondisi internal Napoli yang sangat kacau, akhirnya mereka hanya finish di posisi kedua dan harus rela bertemu Barcelona di 16 besar.

13. Chelsea

Frank Lampard masih berada di jalur yang benar untuk dicap sebagai pelatih Chelsea yang sukses di musim pertamanya. Kini, The Blues menghuni posisi 4 klasemen di bawah Liverpool, Manchester City, dan Leicester City.

Pertandingan Chelse vs Bayer Muenchen akan menjadi ‘nostalgia’ final Liga Champions 2012. Kala itu, Chelsea berhasil membawa pulang trofi.

12. Ateltico Madrid

Akan menghadapi Liverpool di babak 16 besar, sebetulnya skuad yang dimiliki Atletico Madrid tak jauh beda dengan ‘milik’ Jurgen Klopp. Keduanya merupakan tim yang rajin, defensif, dan terlatih. Bedanya, daya gedor Liverpool masih di atas Atletico.

11. Atalanta

Tak ada yang memprediksi Atalanta akan lolos ke-16 besar. Bagaimana tidak, mereka hanya meraih 1 poin di 4 pertandingan pertama di penyisihan grup. Selain itu klub ini pun hanya ada di posisi ke-13 di Serie-A jika dihitung dari besaran budget.

Melihat dua fakta di atas, kelolosan Atalanta ke 16 besar pentas elit Eropa adalah sungguh ajaib.

Atalanta yang kini ada di urutan 4 Serie A mungkin sulit untuk memenangkan Liga Champions. Tapi, ‘keajaiban’ sejatinya belum berakhir, drawing 16 besar yang menempatkan mereka melawan Valencia adalah keajaiban lainnya.

10. RB Leipzig

Meskipun seolah tak diunggulkan, namun Jose Mourinho dan pasukan Tottenham-nya tak bisa meremehkan anak asuh Julian Nagelsmann itu.

RB Leipzig menjadi salah satu penantang terkuat Bayer Muenchen dalam perebutan titel juara Liga Jerman. Penyerang andalan mereka, Timo Werner, tengah menjadi incaran banyak klub elite Eropa.

Selain penyerang yang produktif, RB Leipzig juga punya ‘sesuatu’ yang lain yang diprediksi akan merepotkan Tottenham Hotspur.

9. Tottenham Hotspur

Lima bulan setelah Tottenham lolos ke final Liga Champions untuk pertama kalinya, manajemen justru memecat sang pelatih, Mauricio Pochettino. Posisinya digantikan oleh Jose Mourinho.

Meskipun lini tengah Tottenham sedang tak seimbang dan lini belakang yang cukup keropos, namun performa Tottenham di Liga Inggris belakangan ini tentu tak bisa dipandang sebelah mata.

Baca juga: Siapa Steven Bergwijn yang Dibeli Tottenham Hotspur Rp 480 Miliar?

8. Borussia Dortmund

Dortmund menjadi salah satu tim paling menghibur di pentas Eropa. Hilangnya Marco Reus karena cedera tentu menjadi kerugian sendiri bagi Dortmund.

To be continued…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *