Skotlandia terapkan pendidikan LGBT di kurikulum, jadi negara pertama di dunia

LGBT

Skotlandia, sebuah negara dengan populasi sekitar 5 juta jiwa, menjadi negara pertama di dunia yang memasukan pendidikan LGBT (lesbian, gay, bisexual and transgender) ke kurikulum sekolah mereka.

Dilansir dari The Scotsman, para staf sekolah di sana akan menerima pelatihan dalam bentuk e-learning mengenai kesadaran dasar tentang pendidikan LGBT yang inklusif. Semua pihak, termasuk orang tua siswa, guru, kaum muda, dan organisasi LGBT, akan dilibatkan untuk mengembangkan website, kursus e-learning, dan sumber daya pengajaran.

Mata pelajaran tentang LGBT ini termasuk mata pelajaran lintas usia yang mencakup pelajaran mengenai identitas, masalah, dan sejarah LGBT.  Mata pelajaran ini akan fokus pada mempromosikan kesetaraan, mengurangi intimidasi, dan meningkatkan pengalaman belajar pada anak-anak dan remaja LGBT.

Kelompok yang mengkampanyekan LGBT menyambut baik dimasukkannya mata pelajaran LGBT ini. Laporan sebuah badan amal, Stonewall, menemukan hampir 50% murid lesbian, gay, dan biseksual, termasuk 64% murid trans, menjadi korban bullying di sekolah.

Baca juga: Jebakan Sayap Kanan yang Jadi Angin Segar LGBT di Mongolia

Sejak 2017, LGBT-Intersex Inclusive Education Working Group telah dibentuk untuk untuk meningkatkan pengalaman belajar kaum muda LGBT dan untuk mengatasi bullying dan diskriminasi. Kelompok tersebut membuat 33 rekomendasi, yang diterima sepenuhnya oleh Pemerintah Skotlandia.

“Saya bangga mengatakan bahwa Skotlandia memimpin sebagai negara pertama di dunia yang menanamkan pendidikan LGBT yang inklusif di semua kurikulum. Dengan demikian, kami dapat membantu kaum muda untuk mencapai potensi penuh mereka dan berkembang dalam masyarakat yang beragam dan inklusif,” kata Menteri Anak Skotlandia, Clare Haughey.

“Peluncuran rangkaian sumber daya yang inovatif untuk sekolah-sekolah membawa kami selangkah lebih maju dalam memastikan bahwa kurikulum kami sama beragamnya dengan anak muda yang belajar di sekolah kami,” lanjutnya.

Baca juga: Tentang Viral Pasangan Lesbian Anjali Cakra dan Sufi Malik

Photo by James A. Molnar on Unsplash